Politik

Inilah Daftar Para Menteri yang Tergusur dalam Reshuffle Kabinet Jilid II

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Rabu (27/7/2016) Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan penggantian menteri. Ada delapan menteri yang dicopot dalam reshuffle kabinet jilid II ini. Siapa saja mereka?

1. Rizal Ramli

Rizal Ramli dcopot dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya dan digantikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Baca Juga:  Jokowi Tetap akan ke Afghanistan Meski Ada Serangan Bom di Kabul

Belum jelas apa alasan Jokowi mencopot Rizal. Namun, Rizal selama ini memang kerap membuat gaduh karena menyatakan perbedaan dengan menteri Kabinet Kerja di ruang publik.

Di awal jabatannya, ia berseteru dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno terkait pembelian 350 pesawat Airbus untuk Garuda Indonesia.

Rizal juga berseteru dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said soal perpanjangan kontrak Freeport, proyek listrik 35.000 megawatt, hingga pembangunan Blok Masela.

Baca Juga:  Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah di Jakarta Timur

Terakhir, Rizal berseteru dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait penghentian reklamasi Pulau G di Pantai Utara, Jakarta. Padahal, Presiden dalam berbagai kesempatan mengingatkan para menterinya untuk tidak membuat gaduh.

[otw_shortcode_button href=”http://jurnalpolitik.com/2016/07/27/inilah-daftar-para-menteri-yang-tergusur-dalam-reshuffle-kabinet-jilid-ii/” size=”large” icon_position=”left” shape=”square” target=”_blank”]BACA SELENGKAPNYA[/otw_shortcode_button]